Materi Kuliah Rekayasa Pondasi II-Deep Foundation

Waspada terhadap bencana gempa, tsunami, banjir, longsor, letusan gunung berapi !!!

Minggu, 07 November 2010

hitung kedalaman tiang pancang yang telah terpasang

Re: mohon sedikit arahan Pak,
From: Fabian J Manoppo
To: Febriandini Sari

Dear,Ibu Dini
Maaf walaupun jam terbang saya untuk pekerjaan Tiang Pancang dilapangan masih kurang tapi saya coba sedikit menjawab pertanyaan ibu :

Ibu Dini > dokumen kalendering Pak, apakah dari dokumen tersebut dapat kita hitung kedalaman tiang pancang yang telah terpasang

Fabian>Kalau Kalendring biasa yg digunakan dilapangan menggunakan kertas milimeter dengan Hammer dan menggunakan rumus dinamis spt Hyley formula dkk sepertinya tidak bisa mengukur panjang tiang karena yg terecord hanya jumlah pukulan dan kedalaman tiang pada jarak tertentu dan jenis/kecepatan hammer kecuali model kalendering yg lain diluar pengetahuan saya.

Bisa mungkin tapi kita harus merecord data lain untuk digunakan pada Wave Equation dll (saya blum pernah mencoba Prof Mansyur ahlinya)

Untuk mengukur Panjang Pile ini ada beberapa Apparatus di

http://www.piletest.com/?gclid=CPrgxYDb76QCFQMdbgodeQH5Lg

yakni CHUM dan PET saya kurang tau apakah ini juga bisa merecord jumlah pile yg sudah terpasang selain melihat pada gambar.

demikian sedikit komentar saya maaf kalu kurang optimal dengan alasan diatas.

Fabian J Manoppo

From: Febriandini Sari
To: fabian_jm@yahoo.com
Sent: Mon, October 25, 2010 6:51:11 PM
Subject: mohon sedikit arahan Pak,

Selamat pagi Bp. Dr. Fabian, nama saya dini. apa kabar Pak? mohon maaf sebelumnya, alamat email ini saya dapatkan dari blog yang Bapak asuh. jika bapak tidak keberatan, ada yang ingin saya ketahui mengenai dokumen kalendering Pak, apakah dari dokumen tersebut dapat kita hitung kedalaman tiang pancang yang telah terpasang. jika iya, bagaimana simulasinya Pak? jika tidak, bagaimana cara kita mengetahui berapa banyak tiang pancang yang telah terpasang pada suatu bangunan selain merujuk pada as built drawing? mohon arahannya Pak Dr. Fabian.. sebelumnya saya ucapkan terimakasih.

dini

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar